Senin, 01 Agustus 2011

Wiasata Energi dan Kompetisi Energi Alternatif Sahabat Lingkngan Tingkat SMP

Dalam kontes Wisata Energi Dan Kompetisi Enrgi Alternatif Sahabat Lingkungan Tingkat SMP yang di gelar PT.Indonesia Power Semarang dua orang kakak beradik siswa SMP Nasima Semarang Jawa tengah yaitu Talitha Helga Safira kelas VIII dan Nurina Khansa Vasthi kelas VII mempertandingkan karya inovatifnya yanitu mengolah labu air menjadi sumber listrik alternatif yang mampu menyalakan lampu LED (light emitting diode) temuan yang yang diilhami dari buah labu yang tumbuh di belakang rumahnya itu diberinama Pembangkit Listrik Tenaga Labu (PLTL).

Mereka mengaku harus mencobanya dua kali untuk mendapatkan daya listirik yang maksimal saat ini temuannya tersebut memang masih sangat sederhana karena hanya mampu menghidupkan lampu LED, namun jika dikembangkan dimungkinkan bisa menjadi penghasil listrik yang lebih besar.Selain Talitha dan Nurina, tiga siswa SMP Karangturi Semarang, yakni Nathan Suryajaya, Henoch Kurnia, dan Jeremy Putra Wirjo menampilkan karyanya berupa pengolah limbah cair menjadi energi alternatif biogas.
Ketiganya adalah siswa kelas VII yang mengaku menciptakan karya itu karena terinspirasi melihat limbah cair dari Pasar Kobong Semarang, yang merupakan sentra penjualan unggas dan ikan.
Dalam kontes ini ada lima finalis yang karyanya dipresentasikan dan dipraktikkan, yakni tim dari SMP Negeri 32, SMP Karangturi, dan tiga tim dari SMP Nasima Semarang. Dari lima tim ini akan dipilih yang terbaik.
Di daerah admin dunia mono jika sering ada kontes gan....... tapi kontes tawuran antar pelajar cuma kalo berantem dan bikin ribut pada kreatif.