Selasa, 29 Maret 2011

Pertumbuhan Smartpone Di Asia

Pertumbuhan perangkat genggam yang lebih canggil akan terus meningkat karena saat ini komunikasi yang di lakukan oleh user tidak hanya sebatas percakapan dan saling berkirim SMS aja tetapi juga berinteraksi dengan dunia internet yang saat ini memang sudah menjadi hal yang menyenangkan, bersosialisasi sosial media, hingga mengakses email.

Pasar smartphone di Asia Pasifik diprediksi akan berlipat ganda menjadi 200 juta unit pada 2016 mendatang, menempatkan sistem operasi Android di singgasana tertinggi. Feature phone, ponsel dengan fungsi dasar dan aplikasi Java, masih mendominasi pasar ponsel global pada saat ini.Namun, secara perlahan, market-nya terus terkikis oleh smartphone yang harganya semakin terjangkau. Cepatnya pertumbuhan smartphone, salah satunya karena diiringi dengan peningkatan penetrasi internet di peranti bergerak

Tahun lalu, jumlah smartphone yang beredar di Asia Pasifik mencapai 100 juta unit. Tahun ini dan selanjutnya akan terus tumbuh secara cepat,yakni mencapai 12,5% per tahunnya. Pada 2016 nanti, pasar smartphone diprediksi mencapai 32% dari seluruh ponsel yang ada di Asia Pasifik. Jumlah tersebut termasuksignifikan jika melihat total penjualan ponsel global yang saat itu diprediksi menembus 653 juta unit. Artinya, Asia Pasifik akan berkontribusi sekitar 30,7% dari total pasar ponsel global.